Jumat, 05 September 2014

Ospek ala STMIK AKAKOM : PESONA - Hari Pertama

STMIK AKAKOM mengemas ulang paradigma orientasi pengenalan kampus (ospek) yang selama ini dinilai buruk dan penuh tekanan menjadi rangkaian acara yang bermanfaat, kaya materi, dan juga menyenangkan. STMIK AKAKOM menamai rangkaian kegiatan ospek ini dengan sebutan PESONA.

Manusiawi

Seperti yang sudah dijanjikan, kami memang tidak diperlakukan semena-mena. Tidak ada kepala bola, tidak ada tas jelek, tidak ada kempongan, ikat pinggang rafia dan lain sebagainya. Kami hanya diminta mengenakan tanda pengenal (co card) yang juga sekaligus menempel pada buku pedoman mini yang kami cetak sendiri. Selain itu kami juga diarahkan untuk mengenakan pita di lengan kanan dengan kode warna sesuai dengan jurusan masing-masing. Saya dan peserta lain dari jurusan TI mengenakan pita berwarna merah muda.

Spesial untuk saya dan beberapa peserta lain diberi juga pita berwarna abu-abu sebagai penanda untuk peserta berkebutuhan khusus.


Snack, minuman dan buah-buahan yang diminta untuk kami bawa juga untuk camilan kami sendiri. Namun penyampaian perintah untuk snack yang harus dibawa masih sama seperti ospek pada umumnya yaitu dengan teka-teki. Tapi kami rasa tidak ada masalah dan juga semuanya dapat kami pecahkan dengan mudah.

Padat materi

PESONA, yang juga merupakan akronim dari "Pengenalan Studi dan Orientasi Kampus" ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu dari hari Kamis (4/9/14) sampai dengan hari Minggu (7/9/14). Dimana hari pertama (Kamis) digunakan untuk pembekalan dan hari kedua (Jumat) adalah hari pertama PESONA yang sesungguhnya.

Agenda hari pertama diawali dengan upacara pembukaan. Upacara ini dipersiapkan dari pukul 06.30 dan dimulai sekitar pukul 07.10. Upacara ini berjalan dengan cepat singkat bahkan saya dan teman-teman tidak sempat merasa jenuh. Dalam upacara ini dibacakan laporan penerimaan mahasiswa baru, amanat singkat, dan pemukulan gong sebagai penanda dimulainya rangkaian acara PESONA.

Para peserta PESONA mempersiapkan kelengkapan hari pertama sebelum upacara dimulai

Acara berikutnya adalah paparan tentang proses pembelajaran - perwalian, kegiatan perkuliahan, sekilas tentang praktikum, UTS-UAS, mekanisme penilaian, ijin kuliah, tugas kuliah serta tugas akhir oleh HMJ TI (Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika) dan Kepala Prodi Teknik Informatika, Ibu Febri Nova Lenti, S.Si.,M.T.

Bapak Pius dari tim prodi TI sedang memperkenalkan diri

Baik dari HMJ maupun tim prodi, paparan mengenai proses akademik ini disampaikan dengan baik dan jelas sehingga kami tidak merasa jenuh dan dapat mencerna dengan baik. Kami pun juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berpendapat.

Kemudian di sesi berikutnya kami praktik singkat untuk mengisi KRS melalui portal akademik. Pengisian KRS dilaksanakan di lab secara bergantian antar kelompok. Karena mendapat giliran paling akhir, kelompok saya harus menunggu lumayan lama.

Kakak angkatan pembimbing kelompok kami - di sela waktu menunggu *

Kami kemudian memanfaatkan sisa waktu untuk berjalan-jalan dan berkenalan dengan para dosen yang akan mengajar kami kedepannya. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Jumat, istirahat dan makan siang. Makan siang kami disediakan oleh pihak panitia berupa nasi box dengan menu lengkap.

Pada sesi berikutnya kami kembali menerima paparan dari Kepala UPT Lab, Bapak Totok Budioko, S.T., M.T. yang menjelaskan tentang laboratorium, mekanisme praktikkum (pre-test, pembuatan laporan, responsi, inhal), menjadi asisten, peminjaman peralatan lab, dan lain sebagainya.

Istirahat sambil mengantri wudhu untuk sholat ashar

Bersantai di taman kecil di depan masjid STMIK AKAKOM *

Setelah seharian menerima paparan, saatnya kami melepaskan penat. Dengan dipandu oleh kakak-kakak panitia PESONA, kami melakukan beberapa permainan. Sayangnya, permainan terlalu berbahaya untuk saya ikuti. Jadi saya memutuskan untuk melihat saja dari pinggir ruang Bale Lantip tempat kami melakukan kegiatan.




Masih ada satu kegiatan penutup ospek hari pertama setelah permainan yaitu studi kasus. Kami diberi lembar pertanyaan berisi kasus untuk didiskusikan bersama di dalam kelompok, untuk kemudian hasil diskusi dipresentasikan kepada kelompok lain. Sayangnya kelompok kami hanya mendapat kesempatan untuk menyaksikan presentasi kelompok lain. Melihat jalannya presentasi yang sudah mirip dengan debat, saya memutuskan untuk tetap diam menyaksikan dan tidak ikut campur menanggapi pendapat kelompok lain

Mengesankan

Kegiatan PESONA di STMIK AKAKOM ini sungguh seperti yang saya harapkan. Dimana kami merasa kakak-kakak angkatan selaku panitia PESONA tidak berada di depan untuk sekedar memerintah dan menyalahkan, tetapi di depan untuk memimpin. Tidak hanya itu, kami juga merasa kakak-kakak angkatan beserta bapak-ibu staf dan pengajar dari AKAKOM ada di antara kami untuk membangun semangat, juga di belakang kami untuk memberikan dorongan.

Masih ada dua hari lagi

Meski begitu rangkaian kegiatan PESONA 2014 belum selesai. Masih ada dua hari lagi yang mungkin dapat mempengaruhi dan mengubah impresi kami terhadap PESONA di hari pertama.

Namun juga tidak dapat dipungkiri, semua perarasaan yang timbul dari sikap kakak-kakak panitia PESONA juga dipengaruhi oleh persepsi awal diri kami masing-masing. Untuk itu kami, khususnya saya selalu berusaha memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang positif.

Pulang

***

*) wajah dalam foto sengaja saya samarkan untuk menjaga privasi yang bersangkutan